Ancaman di Tengah Kasus Nur Usman

Ini teror pertama yang saya alami selama menjadi pengacara, tapi saya tidak akan takut,” ujar O.C. Kaligis yakin. Pada Maret 1984, rumahnya di kawasan Cempaka Putih, Jakarta Pusat, disatroni orang-orang tak dikenal yang mengendarai sebuah mobil. Kegaduhan di depan rumahnya yang dibuat para pemuda itu membuat Kaligis sekeluarga terbangun.

Pengacara yang tengah menangani perkara perceraian Nyonya Athiah Kirana dari Nur Usman, pengusaha yang bekas pejabat tinggi Pertamina, itu pun terkejut. Di depan rumah­nya, dua kendaraan miliknya – VW kodok dan Corolla DX – kedapatan ringsek. Kaca bela­kang VW itu bolong di dua tempat dan bagian belakang bodi Corollanya penyok-penyok. Apa pula ini?

Kontan, tak berapa lama setelah itu, sekitar pukul 03.00 dinihari, Kaligis melaporkan ke­jadian tersebut kepada petugas Polsek Cempa­ka Putih. Tak itu saja. Siang harinya, ia mela­yangkan surat permohonan perlindungan hu­kum ke alamat Kapolri Jenderal Anton Soe­djarwo. Kaligis menghubungkan peristiwa itu dengan kasus yang sedang ditanganinya: gu­gatan cerai Nyonya Athiah terhadap suaminya, Nur Usman, di Pengadilan Agama Istimewa Jakarta.

Dalam surat kepada Kapolri itu, Kaligis me­nguak urutan kejadian yang mendahului teror itu. Delapan hari sebelumnya, Sekretaris Ka­ligis, Yen Yen, menerima telepon gelap yang menyatakan Kaligis akan diculik dan dibunuh. Sehari sebelumnya, ia didatangi famili dekat Nur Usman yang bernama M. Jamil Isa yang mengaku diutus Nur Usman untuk mendamai­kan perkara pembunuhan Roy Irwan Bharya dan gu­gatan cerai Nyonya Thea-panggilan Nyonya Athiah. Tapi, Kaligis tak menanggapinya.

Malah, beberapa jam sebelum teror, para saksi mata menyebutkan ada­nya sebuah mobil yang mondar-mandir di jalan depan rumah Kaligis. Mobil itu berisi anak-anak muda. Merekalah yang diduga Kaligis sebagai pelaku teror.

Short URL: http://ockaligis.com/?p=62

Posted by on Nov 7 2011. Filed under Teror & Gosip. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

Leave a Reply

300x250 ad code [Inner pages]

Featured Links

    Search Archive

    Search by Date
    Search by Category
    Search with Google

    Photo Gallery

    120x600 ad code [Inner pages]
    Log in | Modified by Peter S Dahana